Keutamaan Al-Fatihah Sebagai Doa Wajib Ibu Hamil

Doa Wajib Ibu Hamil

Tak cukup hanya berusaha secara fisik untuk menjaga kehamilan seperti rajin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan lain sebagainya. Namun, sebagai muslim, sudah selayaknya kita berusaha secara batin yaitu dengan berdo’a kepada Allah demi kelancaran dan keselamatan selama masa kehamilan sampai dengan melahirkan.

Banyak orang yang bertanya mengenai do’a seperti apa yang wajib dibaca setiap hari oleh ibu hamil. Jawabannya pun beragam. Ada banyak sekali do’a yang baik untuk dibaca ibu hamil setiap hari seperti do’a Maryam, do’a Nabi Yusuf, do’a Nabi Yunus, ayat Kursi dan lain sebagainya. Namun, sebenarnya yang paling utama dan mudah untuk diamalkan setiap hari ialah surat Al-Fatihah. Mengapa demikian? Berikut ini kami hadirkan pembahasan mengenai keutamaan Al-Fatihah.

  1. Al-Fatihah Sebagai Obat Hati

Salah satu keagungan Al-Fatihah ialah sebagai obat (penawar). Pertama, ia dapat menjadi obat untuk hati. Sebanarnya, keseluruhan isi Al-Qur’an yang diturunkan Allah berfungsi sebagai pengobat hati, penerang jalan bagi umat Islam. Namun selain itu, Allah juga mengkhususkan beberapa surat dan ayat tertentu sebagai obat (penawar) yang salah satunya ialah Al-Fatihah ini.

Beberapa manfaat surat Al-Fatihah untuk mengobati hati ialah menjauhkan dari kesesatan dan kemurkaan, mengikhlaskan ibadah hanya karena Allah serta menangkal sifat buruk seperti ria dan sombong.

  1. Al-Fatihah Sebagai Obat Badan

Penyakit memang terbagi menjadi dua, yaitu penyakit hati dan penyakit badan, keduanya ini tertulis di dalam Al-Qur’an. Surat Al-Fatihah pun mampu menjadi penawar penyakit badan. Manfaat yang satu ini telah disebutkan di dalam as-Sunnah dalam hadits shahih riwayat al-Bukhari dan Muslim yang mengisahkan mengenai bagaimana sahabat Nabi menyembuhkan penyakit seseorang dengan melakukan ruqyah dengan surat Al-Fatihah. Atas izin Allah, maka orang tersebut pun sembuh dan seolah-olah tidak mengalami sakit apapun sebelumnya. Sungguh luar biasa.

  1. Al-Fatihah Mengandung Landasan Asmaul Husna

Surat Al-Fatihah yang mengandung landasan Asmaul Husna ini telah dikatakan oleh Ibnul Qayyim rahimahullah dalam Madarijus Salikin: 82,89. Sebagai contoh, lafadz yang mengandung sifat uluhiyah adalah Allah serta yang mengandung sifat kebaikan adalah ar-Rahman.

Demikianlah keutamaan dari surat Al-Fatihah. Setelah mengetahui manfaatnya yang sungguh luar biasa, Anda bisa yakin untuk menjadikannya sebagai do’a ibu hamil wajib dibaca setiap hari. Dengan membacanya dengan ikhlas, maka diharapkan agar ibu hamil dapat terhindar dari rasa takut yang berlebihan, diselamatkan serta dilancarkan selama masa kehamilannya.

Sumber : http://nambii.com/doa-ibu-hamil-untuk-janin-agar-sehat-sempurna.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *