Cara Parenting Untuk Membuat Buah Hati Merasa Dicintai

Cara Parenting Untuk Membuat Buah Hati Merasa Dicintai

Setiap orang tua memiliki cara berbeda untuk mengungkapkan rasa sayangnya. Tetapi kadang anak tidak merasa dicintai oleh ayah dan ibunya. Anak-anak merasakan kasih sayang, dari tindakan yang dilakukan orang tua. Bila orang tua melakukan metode parenting yang salah, bisa membuat anak merasa tidak dicintai. Tetapi sayangnya orang tua tidak menyadari hal itu. Supaya anak merasa dicintai, cobalah lakukan cara sederhana berikut ini:

Jangan Main Gadget Pada Saat Bersama Anak

Cobalah untuk mengurangi bermain gadget pada saat bersama anak. Bermainlah bersama anak dan bercengkerama bersama. Setelah capek bekerja, banyak orang tua yang memilih untuk bermain gadget dibandingkan bermain dengan anak. Jika kebiasaan ini, tidak bisa anda hilangkan. Cobalah untuk membayangkan, seperti apa rasanya dicueki anak yang sedang asyik bermain gadget.

Selalu Makan Bersama

 Usahakan untuk selalu makan bersama dengan anak-anak. Tidak perlu tiga kali sehari. Misalnya pada saat sarapan dan makan malam. Bila semua anggota keluarga sibuk, sediakan waktu khusus untuk makan bersama. Atau anda bisa mengajak anak-anak makan bersama di luar rumah. Ini akan membuat kedekatan anak dan keluarga semakin terjalin. Pada saat makan, semua anggota keluarga di larang untuk memainkan gadget. Semuanya harus saling berbicara dan berkumpul satu sama lain.

Kebiasaan Menjelang Tidur

Metode parenting ini jarang dilakukan oleh banyak orang tua. Padahal melakukan kebiasaan menjelang tidur, akan membuat anak merasa dicintai. Anda bisa membacakan buku, memberikan pelukan sebelum tidur, sikat gigi bersama-sama atau mengucapkan selama malam. Anak akan terbiasa dengan ritual itu dan membuat mereka merasa dicintai oleh orang tuanya.

Lakukan Sentuhan Fisik

Jangan ragu untuk melakukan sentuhan fisik. Sentuhan fisik akan membuat kedekatan anak semakin terjalin. Anda bisa membelai anak, mencium, dan memeluk. Kontak fisik akan membuat mereka semakin dicintai. Selain itu bisa mengurangi depresi dan stres pada anak. Anak akan merasa lebih bahagia dan nyaman di dekat orang tuanya. Jika anak mengalami masa sulit, jangan ragu untuk memberikan pelukan. Pagi hari berikan anak kecupan dan pelukan selamat pagi.

Jadilan Panutan Yang Baik

Anak-anak akan selalu mencontoh, apa yang dilakukan orang tuanya. Oleh karena itu, orang tua harus menjadi panutan yang baik. berikan contoh yang baik pada anak. Jika anda ingin, anak yang rajin beribadah, anda juga harus rajin beribadah.

Lakukan metode parenting yang tepat, supaya anak-anak merasa dicintai oleh orang tuanya. Jangan gunakan kekerasan atau kata-kata kasar. Jadilah contoh yang baik buat anak anda. Sehingga dia menerapkan hal yang baik pula ke orang lain. Mereka akan mencintai orang lain, seperti apa yang dia dapatkan di rumah. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *