Cara Mudah Memandikan Kucing

Cara Mudah Memandikan Kucing

Kucing biasanya membersihkan diri mereka dengan menjilati bagian tubuhnya. Kebiasaan menjilat bagian tubuh terutama bulu tersebut selain untuk tujuan kebersihan, juga untuk menjaga suhu tubuh kucing. Walaupun kucing melakukan perawatan kebersihan secara mandiri, ada baiknya kucing dimandikan agar menghindari terjangkit penyakit dan kutu. Selain itu, dengan memandikan kucing, hewan peliharaan kesayangan Anda ini akan semakin terjaga kebersihan dan kecantikannya. Artikel ini akan membahas mengenai cara memandikan kucing.

  • Waktu yang tepat

Anda perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memandikan kucing kesayangan Anda. Seperti yang Anda ketahui, kucing tergolong hewan yang “moody”. Sebaiknya Anda memandikan kucing Anda pada saat peliharaan Anda tersebut sedang “mellow” atau bisa dikatakan sedang “jinak”. Bila tidak memperhatikan suasana hati kucing Anda, dikhawatirkan peliharaan tersebut menjadi rewel saat dimandikan.

  • Mempersiapkan peralatan mandi

Bila Anda sudah menentukan saat yang tepat untuk memandikan kucing Anda, ada baiknya Anda mempersiapkan peralatan mandi yang akan digunakan dalam memandikan kucing. Persiapan alat mandi penting dilakukan, agar pada saat memandikan kucing, Anda tidak perlu mencari peralatan yang kurang, apalagi pada saat memandikan kucing Anda, Anda perlu memegang kucing Anda setiap saat. Peralatan yang perlu Anda siapkan untuk memandikan kucing adalah sampo khusus kucing (jangan menggunakan sampo Anda, kemungkinan dapat menyebabkan kulit kucing Anda menjadi kering), sikat, spons, handuk, ember (bila Anda ingin memandikan kucing Anda ala jacuzzi) dan air (sebaiknya air hangat).

  • Potong kuku

Kucing terkenal sebagai hewan yang takut air dapat membuat kucing menjadi stres. Pada saat stres maupun terancam, kucing menjadi lebih agresif. Oleh karena itu, demi menjaga kesalamatan Anda dari cakaran kucing kesayangan Anda, kuk hewan peliharaan Anda tersebut perlu dipotong terlebih dahulu sebelum dimandikan. Sebaiknya Anda memotong kuku jauh – jauh hari sebelum memandikan kucing Anda.

  • Menyikat bulu

Kucing maupun hewan peliharaan lainnya sering mengalami kerontokan bulu. Anda sebaiknya menyikat bulu kucing Anda, sebelum dimandikan. Hal ini perlu untuk menghilangkan bulu rontok yang masih terdapat pada tubuh kucing Anda. Pada saat menyikat bulu kucing Anda, Anda bisa memanfaatkan momen tersebut sebagai saat yang tepat untuk menutup telinganya dengan kapas, hal ini diperlukan agar telinga kucing tersebut tidak kemasukan air.

  • Proses pemandian

Pada saat hendak memandikan kucing Anda, terlebih dahulu pegang tengkuk (bagian sekitar leher atas) kucing Anda, lalu perlahan – lahan basahi kucing Anda dengan air. Basahi bagian kepala atas terlebih dahulu kemudian perlahan – lahan kea rah bagian ekornya. Setelah itu, gunakan sampo kucing pada bagian yang sama. Gosok bagian yang sudah diberi sampo hingga berbusa, selanjutnya basahi juga bagian tubuh kucing yang lain hingga kucing sampai basah sepenuhnya dan gunakan sampo secukupnya pada keseluruhan tubuh kucing.

Perlu diperhatikan pada saat memandikan kucing Anda, Anda perlu mengajaknya bermain, sehingga kegiatan mandi tersebut menyenangkan dan untuk ke depannya kucing Anda tidak rewel pada saat hendak dimandikan. Bila sudah dirasa cukup bersih, bilas kucing Anda hingga bersih sepenuhnya dari sampo. Pastikan tidak ada sampo atau busa yang tertinggal, sisa – sisa sampo yang masih tertinggal dapat menyebabkan iritasi pada kulit kucing dan juga dapat menyebabkan penyakit bila tertelan oleh kucing Anda. Setelah dibilas sampai bersih, gunakan handuk untuk mengeringkan tubuh kucing Anda. Setelah kering, Anda dapat menyikat atau menyisir bulu kucing Anda hingga rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *