5 Obat Telinga Sakit pada Anak Akibat Terkena Infeksi

5 Obat Telinga Sakit pada Anak Akibat Terkena Infeksi

Penyebab telinga sakit pada anak itu macam-macam. Salah satunya karena infeksi yang menyerang bagian telinga luar, tengah, ataupun dalam. Bisa jadi karena aktivitas bakteri, jamur, maupun virus. Untuk itu, perlu sekali penanganan khusus. Biasanya, dokter akan memberikan atau merekomendasikan 5 obat ini.

  1. Antibiotik

Seperti namanya. Antibiotik sama dengan obat yang bisa mengatasi beragam aktivitas merugikan dari bakteri atau biotik (makhluk hidup) serupa. Pemberian obat ini dilakukan ketika si kecil terkena infeksi cukup serius. Berhubung obat ini bersifat khusus, sebaiknya tidak diterapkan sendiri di rumah. Mesti konsultasikan ke dokter dulu.

Sebelum diberi obat antibiotik, si kecil terlebih dahulu akan diperiksa. Apabila si kecil terkena infeksi selama kurun waktu kurang dari 48 jam, maka dokter akan memberikan antibiotik. Sebab, jika sudah melebihi waktu tersebut, cenderung kurang efektif. Kemudian dokter akan menyarankan untuk menggunakan obat lain yang lebih mujarab.

  1. Paracetamol

Obat ini juga kerap dikenal dengan nama anti-radang. Biasanya digunakan untuk mengatasi demam serta sakit apa pun. Termasuk sakit telinga. Alangkah baiknya sebelum memberikan anak obat ini, baca terlebih dahulu petunjuk yang tertera dalam kemasan. Bisa pula dengan konsultasikan lebih dahulu ke dokter ahli.

  1. Kortikosteroid

Obat untuk telinga sakit pada anak ini bisa Anda dapatkan di apotek yang direkomendasikan oleh dokter. Fungsinya untuk mengatasi adanya penumpukan cairan di seputar gendang telinga. Bisa juga dikombinasikan dengan obat antibiotik dari dokter kepercayaan Anda. Akan tetapi, jika si kecil terkena cacar air, lebih baik ganti obat lain.

  1. Obat Tetes Telinga

Ada obat tetes mata, maka ada pula obat tetes telinga. Obat ini hanya boleh diberikan ke si kecil ketika sakit telinganya tergolong parah. Sebab, cairan dari obat ini akan merasuk ke telinga bagian dalam. Akan tetapi, apabila gendang telinga si kecil pecah, jangan gunakan obat ini. Bisa juga dengan minta saran terlebih dahulu ke dokter agar lebih aman.

  1. Gunakan Minyak Hangat

Penanganan dengan menggunakan minyak hangat dilakukan ketika telinga si kecil sakit di awal-awal. Dengan kata lain, hanya efektif diterapkan ketika baru muncul gejala sakit telinga akibat infeksi. Tujuannya agar telinga si kecil tidak mencurahkan cairan dari dalam. Efeknya betul-betul meredakan sakit telinganya. Tapi bukan berarti menyembuhkan, ya.

Minyak terbaik yang bisa digunakan adalah minyak zaitun. Bisa pula dengan minyak wijen untuk mengurangi dampak negatif dari adanya infeksi di telinga. Terapkan obat ini ketika si kecil menunjukkan gejalanya. Oleskan sedikit saja minyak ini ke bagian telinga yang sakit. Khususnya yang berada di telinga bagian luar.

Telinga sakit pada anak itu ada tingkatannya. Masing-masing memiliki tahapan khusus untuk menyembuhkannya. Ada yang ringan, sedang, hingga parah. Namun semuanya masih punya kemungkinan untuk disembuhkan. Apabila si kecil sudah sembuh, berikan ia hadiah khusus. Misalnya perlengkapan mainan yang bisa Anda dapatkan di Orami.