4 Kelebihan Sistem Green Data Center Indonesia

Kelebihan Sistem Green Data Center Indonesia

Penyimpanan data harus difasilitasi dengan sistem yang baik demi kelancaran penyimpanan dan pengaksesan data. Fasilitas tersebut termasuk sumber daya yang mendukung kinerja mesin pusat data. Sistem green data center Indonesia mampu memfasilitasi sumber daya agar lebih hemat dan menjamin kelancaran kerja mesin di pusat data melalui 4 kelebihan ini.

  1. Efficiency

Pemakaian sumber daya dalam menunjang kinerja sistem di pusat data haruslah dipikirkan. Usahakan penyediaan sumber daya tersebut memadai agar tidak menimbulkan banyak risiko. Sistem green data center hadir sebagai solusi efisiensi energi atau sumber daya listrik yang digunakan oleh pusat data.

Sistem no shut down juga tetap lancar diterapkan karena sumber daya efisien ini bisa menyalurkan dayanya ke mesin penyimpanan data dengan baik. Dalam praktiknya, sistem green data center menerapkan ruang penyimpanan yang memadai dengan rak penyimpanan yang sesuai.

Tak hanya itu, sistem pendingin ruangan juga mencukupi untuk menstabilkan suhu. Kestabilan suhu tersebut merupakan cara untuk menjaga kinerja mesin agar tetap optimal dan tahan lama karena panasnya mesin bisa dikurangi. Selain dengan pendingin ruangan, tata letak rak penyimpanan juga diberikan space sesuai dengan prosedur dalam green data center.

  1. Recycling

Green data center ini merupakan solusi tepat dalam pemakaian sumber daya. Banyak kelebihan yang bisa diperoleh, termasuk manfaat recycling atau daur ulang. Sistem daur ulang ini menjadi fokus sistem green data center sebagai solusi pemanfaatan limbah operasionalisasi data center.

Limbah yang dimaksud tersebut adalah limbah air yang berasal dari proses pendinginan dengan sistem filterisasi agar bisa menjadi air bersih kembali yang layak digunakan. Limbah plastik yang berasal dari sisa potongan kabel juga bisa didaur ulang dengan mengirimkan ke pihak ketiga untuk dijadikan barang bernilai ekonomis.

  1. Sustainable

Green data center Indonesia juga mempunyai kelebihan berupa nilai sustainable. Jadi, sistem yang ramah lingkungan ini memperhatikan aspek lingkungan dalam pembangunan pusat data. Perhatian ini meliputi beberapa aspek lingkungan meliputi desain, konstruksi, manajemen landscape, implementasi, dan berbagai perhatian kapasitas lingkungan.

Berbagai dampak atas limbah operasionalisasi pusat data terhadap lingkungan juga dipikirkan. Jadi, pembangunan pusat penyimpanan data dengan sistem green data center ini sangat memperhatikan keamanan terhadap lingkungan. Intinya, sistem pengadaannya berusaha meminimalisir risiko yang dimungkinkan akan terjadi.

  1. Alternative Energy

Green data center yang merupakan solusi tepat penyimpanan data yang ramah lingkungan, mempunyai kelebihan dari segi jenis sumber dayanya. Sumber daya alternatif yang digunakan dalam sistem ramah lingkungan ini sangat efektif untuk menghemat pemakaian sumber daya listrik yang tidak dapat diperbarui.

Berkaitan dengan hal tersebut, banyak sumber daya alternatif lain yang sudah diterapkan sebagai sumber daya green data center. Sinar matahari menggunakan instalasi solar cell, pemanfaatan tenaga air, pemakaian tenaga angin, dan beragamenergi terbarukan lainnya, bisa menjadi sumber energi alternatif.

Pemakaian sumber energi alternatif ini merupakan solusi terbarukan dalam mengatasi krisis sumber daya listrik dari batu bara. Hal positif ini bisa dipilih sebagai langkah baru penghematan energi. Sistemnya juga sudah canggih dan mempunyai keefektifan yang sama terjaminnya dengan data center pada umumnya, bahkan lebih efektif pemakaiannya.

Berbagai kelebihan mesin pusat data tersebut sangat baik untuk meningkatkan kinerja komunikasi data. Anda akan mendapatkan aneka kemudahan dalam mendapatkan informasi yang menunjang kinerja operasional. Sejauh ini, Lintasarta sudah menerapkan sistem green data center. Fasilitasnya juga terjamin sebagai data center Indonesia yang terstandardisasi.