15 Pantangan Sinusitis Agar Tidak Mudah Kambuh

Pantangan Sinusitis Agar Tidak Mudah Kambuh

Seorang dokter spesialis THT dari Rumah Sakit Puri Indah yaitu Dr. Agus Subagio, Sp. THT, menjelaskan bahwa sinusitis merupakan suatu peradangan yang timbul di rongga sinus. Hal ini dapat terjadi akibat adanya penyumbatan dalam pintu keluar yang seharusnya berperan dalam mengalirkan lendir ke rongga hidung. Mengapa bisa terjadi penyumbatan? Ada beberapa kemungkinan, bisa disebabkan oleh adanya alergi, infeksi virus atau bakteri, tumor pada rongga hidung, dan sebagainya. Umumnya, sinusitis terjadi adanya virus yang dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu kurang lebih seminggu. Apabila gejala sinusitis dialami lebih dari 10 hari maka anda perlu berhati-hati sebab mungkin mengalami infeksi bakteri yang mana bisa menyebabkan komplikasi. Lantas bagaimana cara mencegah penyakit ini agar tidak kian meluas? Salah satu pantangan sinusitis ialah dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi sebab bisa jadi memicu peningkatan produksi lendir yang akan berdampak pada efek yang semakin berat. Sebaiknya anda mengurangi makanan atau minuman yang memiliki suhu dingin dan berbau menyengat. Selain itu, hindari makanan yang dapat memicu terjadinya alergi. Contohnya mengonsumsi telur, seafood, dan lain-lain.

Dalam usaha untuk mempercepat pemulihan, mengutip dari laman alodokter.com bahwa ada beberapa tips pantangan sinusitis yang dapat anda lakukan, diantaranya sebagai berikut.

  1. Menjauhi hal-hal yang menjadi sumber alergi (bulu hewan, serbuk bunga, dingin, debu, dan lain-lain)
  2. Membiasakan diri untuk mencuci tangan pakai sabun sebelum makan.
  3. Apabila anda merasa nyeri maka konsumsilah obat pereda nyeri.
  4. Menggunakan masker ketika berada di tempat umum.
  5. Memperbaiki ventilasi dan sanitasi lingkungan.

Sinusitis merupakan suatu penyakit yang mudah kambuh. Jadi apabila penderita tidak pandai dalam membawa diri untuk mengetahui pantangan sinusitis maka tidak menutup kemungkinan terjadinya kambuh meskipun sudah melakukan operasi. Berdasarkan kutipan dari health.detik.com, maka inilah beberapa cara agar sinusitis tidak kembali kambuh.

  1. Menghindari Polusi

Polusi yang diakibatkan oleh adanya lingkungan yang tercemar dan kontaminasi udara ternyata mmapu mengiritasi saluran hidung. Tentunya hal ini akan memperparah terjadinya sinusitis. Selain itu, adanya asap dan bahan kimia juga berpeluang untuk mengganggu lapisan sinus.

  1. Mengurangi Stres

Seperti yang kita tahu bahwa adanya stres dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan seseorang. Bagi penderita sinusitis, tanpa kita sadari stres akan membuat gejala sinusitis memburuk.

  1. Menggunakan Filter

Peralatan pendingin atau pemanas udara biasanya memiliki filter elektrostatik yang berperan untuk menghilangkan alergen yang diperoleh dari udara.

  1. Mengurangi Konsumsi Alkohol

Bagi anda yang sering mengonsumsi alkohol sebaiknya dikurangi sebab dapat mengakibatkan iritasi, infeksi, bahkan pembengkakan sinus.

  1. Mengonsumsi Air Putih

Jika anda banyak mengonsumsi air putih akan membantu dalam pengenceran lendir agar tidak menggumpal.

  1. Mengonsumsi Obat Apabila Mengalami Pilek dan Alergi

Umumnya adanya peradangan pada hidung ditimbulkan akibat mengalami pilek dan alergi. Keadaan ini akan memberikan reaksi kuat untuk semua iritasi di dalam hidung. Alhasil sinusitis akan semakin parah. Sehingga banyak saran segera mengonsumsi obat pilek dan alergi agar tidak kambuh kembali.

  1. Mengurangi Pemakaian Transportasi Udara

Bagi penderita sinusitis akut atau kronis sebaiknya mengurangi perjalanan melalui jalur udara. Mengapa? Sebab gelembung udara di dalam tubuh akan memuai selama penurunan tekanan udara di pesawat sehingga tabung eustachio akan terhalangi. Oleh karena itu akan timbul rasa tidak nyaman di sinus atau telinga tengah. Penderita sinusitis dapat melakukan perjalanan melewati jalur udara ketika dokter sudah memberikan inhaler atau obat tetes hidung dekongestan sebelum melakukan penerbangan.

  1. Mengurangi Konsumsi Produk Susu

Mengonsumsi produk susu yang berlebihan mampu mengentalkan lendir sehingga membuat lubang hidung menyempit. Alhasil timbul rasa sakit kepala dan nyeri.

  1. Menjauhi Kebiasaan Merokok

Adanya asap dan tembakau mampu menyebabkan iritasi pada lapisan sinus. Hal ini tentunya akan memperburuk kondisi aliran lendir sehingga sinus mengalami penumpukan.

  1. Memakai Obat Herbal Alami

Menurut laman doktersehat.com, lendir akan mudah mengalir jika anda mengonsumsi obat-obatan herbal alami. Contohnya homeopati alam, suplemen vitamin, dan rebusan daun sirih.

Selain melakukan cara di atas untuk pantangan sinusitis, anda dapat mencegahnya dengan menggunakan vaksin influenza. Bersumber dari CDC, ketika anda mencegah flu maka berarti anda juga melakukan pencegahan terhadap sinusitis. Namun bukan berarti akan terhindar dari sinusitis 100%. Setidaknya akan memberikan kekebalan tubuh dari penyakit ini agar lebih ringan.